This item was filled under
Melalui postingan yang lalu kita sudah mengenal apa itu localhost dan localserver serta fungsi dari localhost tersebut. Sekarang saya akan memaparkan bagaimana cara membuat komputer menjadi localhost (setting localhost) sehingga bisa digunakan untuk membuat web dengan CMS tanpa harus online ke internet. Seperti yang pernah saya katakan bahwa agar web yang menggunakan pemrograman PHP dan berbasis database MySQL bisa terlihat pada browser, diperlukan server yang mampu menjalankan pemrograman PHP-MySQL yang digunakan untuk membuat web tersebut. Server tersebut harus mempunyai beberapa aplikasi yang terintegrasi, yaitu:
  1. Aplikasi PHP. Aplikasi ini mutlak digunakan karena CMS yang kita gunakan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannnya.
  2. Web Server Apache. Aplikasi inilah yang digunakan untuk menjalankan PHP yang digunakan pada CMS.
  3. Database MySQL. CMS yang akan kita gunakan yang salah satunya adalah wordpress CMS yang pernah kita bahas sebelumnya merupakan web dinamis yang menggunakan database yang dibangun dengan MySQL. Oleh karena itu, aplikasi Database MySQL yang bisa menjalankan database tersebut mutlak diperlukan.
Aplikasi-aplikasi tersebut jugalah yang harus ada di dalam komputer kita agar bisa dijadikan sebagai localhost. Untuk itu, kita perlu menginstal satu persatu aplikasi tersebut. Kita bisa mendapatkan programnya dari situs resminya. Untuk aplikasi PHP bisa kita download di www.php.net, aplikasi Web Server Apache bisa kita download di www.apache.org. Sedangkan program/aplikasi database MySQL bisa kita download di www.mysql.com.

Namun, ada cara yang lebih simpel tanpa harus menginstal satu persatu aplikasi-aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan XAMPP. XAMPP merupakan sebuah program atau software yang didalamnya sudah terinclude (terintegrasi) aplikasi web server Apache dan database MySQL. Artinya, cukup dengan menginstal software XAMPP, maka kedua aplikasi tersebut langsung ada di dalam komputer kita sehingga komputer kita sudah bisa dijadikan sebagai LOCALHOST.
Sama seperti aplikasi-aplikasi diatas, XAMPP juga bisa kita download secara gratis. Pembaca bisa mendownloadnya di www.apachefriends.org. Itulah nikmatnya jika menggunakan CMS. Semua serba opensource dan bisa kita dapatkan secara gratis serta boleh dikembangkan sendiri.
Bagaimana, sudah didownloadkan?

Sebenarnya pembaca yang mungkin menggunakan OS Windows, di dalamnya sudah terdapat sebuah sistem server yang bisa kita gunakan. Untuk Windows 98, sistem server tersebut dinamakan PWS (personal web server), sedangkan untuk Windows XP dinamakan IIS (internet information services). Sistem server tersebut bisa kita gunakan dengan menginstal komponennya yang biasanya sudah terdapat pada CD instaler windows yang Anda gunakan. Sebenarnya adakah perbedaan lain antara IIS/PWS dengan localhost XAMPP? Biasanya IIS/PWS digunakan untuk menjalankan web yang membutuhkan aplikasi dari Microsoft. Sedangkan Apache server (yang bisa kita dapatkan dari XAMPP) biasanya digunakan untuk web yang tidak digunakan untuk menjalankan aplikasi dari Microsoft. Pertimbangan lain menggunakan Apache server adalah sifatnya yang opensource sehingga bisa didapatkan secara gratis. Sistem serupa biasanya digunakan untuk server yang menggunakan linux sebagai OS-nya.

Nah, ada lagi nih pertimbangan pribadi dari saya. Saya tidak memiliki CD instaler Windows yang asli, sebab OS yang saya gunakan sekarang adalah hasil pabrikan alias sudah terinstal ketika pertama kali membeli laptop yang saya gunakan ini. Pasti pembaca sempat berpikir saya menggunakan bajakan yang ada cracknya ya?ha3x.