Kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara untuk membuat nama domain [ Multi Domain ] pada komputer localhost menggunakan aplikasi XAMPP

Secara default jika aplikasi XAMPP telah tertanam di komputer kita, maka kita dapat menjalankan web lokal dengan alamat 127.0.0.1 yang diwakilkan "localhost" [ http://localhost ].

Begitu juga jika kita memiliki multi domain, maka tinggal menambahkan folder setelah alamat localhost tersebut, semisal http://localhost/domain1 atau http://localhost/domain2, dsb.


Sekedar mengingatkan saja bahwa pada aplikasi XAMPP, jika kita mengetikan http://localhost/ maka secara otomatis akan direct ke alamat http://localhost/xampp, namun ini semua bisa kita ubah sesuai judul artikel ini.

Ok, sebelum melakukan bagaimana membuat Multi Domain di localhost sebisa mungkin service Apache dan service mysql dimatikan dulu, dan dapat dilihat pada XAMPP Control Panel di tray icon kanan bawah.



Asumsi :
  • Aplikasi XAMPP terinstall pada C:\xampp\htdocs ( Download XAMPP )
  • Multi Domain yang akan dibuat adalah corexp1.local dan corexp2.local
  • Domain corexp1.local terletak pada C:\xampp\htdocs\corexp1
  • Domain corexp2.local terletak pada C:\xampp\htdocs\corexp2

Tahap berikutnya adalah :
  1. Klik Start » Run.. lalu ketik notepad C:\Windows\system32\drivers\etc\hosts.ics lalu OK,
  2. Maka file hosts.ics akan terbuka melalui notepad, tambahkan  "127.0.0.1 corexp1.local" dan "127.0.0.1 corexp2.local" tanpa tanda kutip dua lalu SAVE.
  3. Berikutnya buka file httpd.conf yang ada di C:\xampp\apache\conf\ edit menggunakan notepad lalu tambahkan baris berikut, bisa terlihat pada gambar dibawah ini :
  4. Selanjutnya, edit juga file httpd-vhosts.conf yang ada di C:\xampp\apache\conf\extra\ edit menggunakan notepad lalu tambahkan baris berikut, bisa terlihat pada gambar dibawah ini :
  5. Sampai disini, silahkan start Service Apache maupun Service Mysql.
  6. Sekarang jalankan browser anda dengan mengetik alamat http://corexp1.local ataupun http://corexp2.local, maka kita dapat melihat kedua-duanya dapat berjalan bersama-sama dengan masing-masing alamat domain.
  7. Enjoy!