edited
Johan malmsteen
Yngwie M
Yngwie
The mastereo
Yngwie Johan Malmsteen (Lars Johan Yngve Lannerbäck) adalah seorang gitaris, komposer, multi-player, dan band leader asal Swedia. Malmsteen terkenal sejak pertengahan 1980-an sebagai pengaruh teknik dan komposisi metal neo-classic.Empat dari albumnya, 1984-1988, Rising Force, Marching Out, trilogi, dan Odyssey,menduduki top 100 penjualan.
Malmsteen dilahirkan pada tanggal 30 Juni 1963 di Stockholm - Swedia,sebagai anak pertama dari keluarga pemusik berbakat.Pada usia tujuh tahun,dia menonton sebuah berita tentang kematian Jimi Hendrx.Mengutip dari situs resminya “Pada hari Jimi Hendrix meninggal,permainan Gitar Malmsteen lahir”.Di usia 10 tahun dia mengambil nama ibunya “Malmsten” sebagai nama keluarga,sedikit berubah menjadi “Malmsteen” dan Yngve di-inggriskan menjadi “Yngwie”.Pada masa ini juga Yngwie membuat band pertamanya “Track On Earth”,yang terdiri dari dia sendiri,dan teman sekolah pada Drum.Malmsteen masih remaja pada saat pertama kali dia mendengarkan musik pemain biola abad ke-19 ,Niccolo Paganini,yang berpengaruh besar terhadap musik klasiknya.
Pada akhir 1982 Malmsteen dibawa ke AS oleh Mike Varney dari Shrapnel Record,setelah mendengarkan demo tape dari Malmsteen.

Malmsteen menggunakan Fender stratocasters,terutama vintage instrumen dari 1968 sampai dengan 1972.Malmsteen menggunakan sebentar Gitar Schecter di tahun 1980-an, yang dibangun bergaya gitar Stratocaster-nya yang mirip dengan Fenders.Sedangkan di Alcatrazz, ia juga menggunakan Aria Pro II.