oleh krishnabalagita
Buat yang belum mengerti mudah2an membantu, nggak jauh beda sama WampServer fungsinya juga sama untuk menjalankan wordpress localhost, pertama-tama download dari http://sourceforge.net/ atau tulis di Google search engine(mesin pencari Google ketikkan XAMPP). Kebetulan saya pakai Windows maka saya gunakan XAMPP zip. atau XAMPP.exe ;
1 . Setelah berhasil download jalankan setup wizard klik next (ada tulisan english) untuk bahasanya.
2 . Konfirmasi di C:xampp klik next.
3 . Destination folder atau akan di taruh di folder mana kalau di C: klik next, mau di pindah ke D juga boleh.
4 . Kemudian ada pilihan instal Apache, instal MySql dan instal filezila centang ketiganya.
5 . Kemudian akan terlihat jendela command prompt yang pertama seperti di bawah ini lanjutkan dengan tombol finish.

wpxa4

6 . Akan muncul kembali jendela command prompt yang ke 2 yang memulai instalasi dan service apache kemudian klik ok. Contoh di bawah ini.

wpxa11

7 . Pilih tombol yes maka kita akan untuk memulai XAMPP control panel.
8 . Kemudian kita akan lihat kotak seperti di bawah ini.

wpxa2
9 . Akan tetapi Apache, MySql dan Filazila sudah tercentang dan warnanya hijau. Gambar di sebelah tidak saya ambil sendiri karena saya menggunakan screen grab jadi saya ambil file dari yang asli dan belum belum tercentang. Kalau service ok sudah tercentang semua.
10. Pastikan service sudah ok semua (Apache, MySql & Filezila tercentang semua). Kemudian anda langsung saja ketikkan di browser http://localhost/phpmyadmin/ maka anda akan langsung terhubung ke halaman seperti di bawah ini.

wplh12-ed1
11. Kemudian anda mulai membuat database misalnya saya tuliskan blogwp kemudian tekan create maka kita akan melihat halaman seperti di bawah ini.

wpxa5

12. Setelah anda melihat halaman seperti di sebelah ini kemudian anda tutup dahulu. Kita lanjutkan mengcopy WordPress terbaru dari http://wordpress.org/download. Setelah di save di komputer kita ekstrak zip.file tersebut kita masukkan ke C:xampphtdocs. Kemudian kita buka browser baru ketikkan http://localhost/wordpress/ maka akan muncul halaman seperti di bawah ini.

wpxa6

13. Tekan tulisan create configuration file maka anda akan menuju halaman seperti ini.

wpxa7

14. Tekan lets’go kemudian kita sampai di halaman ini

wpxa8

15. Isi persis nama yang tadi anda buat karena saya tadi mengisi blogwp, saya tulis blogwp. Kemudian username root & password kosongkan saja. Setelah itu anda klik submit anda isikan alamat e-mai anda dan judul blog. Setelah e-mail anda, maka anda akan menemui halaman run the instal tekan saja kemudian anda lihat seperti ini.

wpxa10-ed

16. Sukses. Kemudian copy code tersebut tekan login kemudian copykan ke password. Setelah itu anda akan tekan visit page anda menemui halaman ini. Selesai. Nantinya jika anda masuk menggunakan XAMPP pastikan sudah on, ketikkan http://localhost/wordpress/wp-login.php & jangan lupa ganti password di menu dashboard username/profile paling bawah.
wpxa111