Kanker Paru dan Mesothelioma

Kanker Paru atau lung cancer seperti halnya kanker lainnya terjadi akibat abnormalitas di unit terpenting di tubuh kita yakni sel. Normalnya, tubuh akan menjaga sistem di dalamnya agar selalu berjalan seimbang dimana sel baru akan dibentuk hanya jika sel baru diperlukan. Adanya ketidakseimbangan sistem ini akan menghasilkan pertumbuhan dan proliferasi sel yang tak terkontrol dan membentuk massa yang disebut tumor.
Tumor bisa benign atau jinak atau biasa disebut tumor saja atau bisa menjadi malignant atau ganas. Pengertian atau apa yang dimaksud dengan kanker adalah tumor yang malignant. Tumor jinak umumnya dapat diangkat dan tidak menyebar ke jaringan tubuh lainnya disaat malignant tumor akan tumbuh secara agresif dan menyebar ke jaringan tubuh lainnya
serta menyebar ke jaringan pembuluh darah dan sistem limfatik yang akan semakin memperparah penyebaran kanker. Proses menyebar inilah yang disebut dengan metastasis. Kanker paru merupakan salah satu kanker yang mematikan karena segera setelah tumor terbentuk sel kanker akan menyebar dengan cepat dan mempersulit pemberian terapi. Kanker paru dapat bermetastase ke organ/jaringan tubuh yang lain tapi umumnya diketahui menyebar ke organ seperti kelenjar adrenal, otak, hati dan tulang.
Paru-paru merupakan tempat tersering penyebaran kanker dari organ tubuh lain. Tumor metastase memiliki tipe sel yang sama dengan tumor primer (primary tumor). Misalnya, apabila kanker payudara menyebar melalui pembuluh darah ke paru maka ini disebut kanker payudara yang metastase ke paru, bukan kanker paru.
Fungsi utama paru adalah untuk pertukaran gas atau udara yang kita hirup saat bernapas dengan darah. Melalui paru paru karbon dioksida akan dikeluarkan dari pembuluh darah dan oksigen yang dihirup akan memasuki pembuluh darah. Paru kanan memiliki tiga lobulus sedangkan paru kiri memiliki dua lobulus ditambah struktur yang disebut lingula yang mirip dengan lobulus medialis di paru kanan. Jalan napas utama yang memasuki paru disebut bronkhi yang berasal dari trakea. Bronkhi kemudian bercabang menjadi jalan napas yang lebih kecil yang disebut bronkhioli dan berakhir menjadi kantong yang sangat kecil yang disebut alveoli, tempat dimana pertukaran gas terjadi. Paru paru dan dinding dada dibungkus oleh jaringan berupa lapisan tipis yang disebut dengan pleura.
Kanker paru dapat berkembang pada bagian paru manapun tetapi yang tersering ditemukan adalah berasal dari sel epitelial yaitu sel yang membatasi bronkhi dan bronkhioli. Karena hal inilah kanker paru sering disebut bronchogenic carcinomas. Kanker paru juga bisa berkembang dari pleura yang disebut dengan mesothelioma atau berasal dari jaringan penyokong lain paru seperti pembuluh darah.

Comments

Popular posts from this blog

Boot Dos 98 Dengan Flashdisk (Simple Methode)

BABAD TANAH JAWI SYEKH AL MAULAYA / SYEKH MULYO ( SYEKH AKBAR)

Bagaimana Cara Mengetahui Informasi System Keseluruhan di Windows 7?