Domain adalah suatu hal yang sangat penting. Sebelum memilih Nama domain akan lebih mudah bila kita sudah tahu pengertian nama domain dan pengertian niche. Mengapa Nama domain ini penting kita tentukan sebelum kita ngeblog? Apa aturan nama domain yang diperbolehkan? Bagaimana TIPS-TIPS dalam memilih nama domain?
Manfaat Nama Domain Yang Baik.
  1. Nama domain yang baik dan bagus akan memberikan traffic pengunjung yang lebih banyak.
  2. Nama domain yang baik dan bagus bisa kita perjual belikan. Pada januari tahun 2000, muncul berita di www.detik.com (www.detik.com/net/200001/2000115113838.html) tentang Nama domain gusdur.com yang dijual dengan harga 10 ribu dolar AS atau setara dengan Rp. 100.000.000,-.
  3. Nama domain yang baik dan bagus akan mudah diingat oleh teman, sahabat, rekan bisnis, keluarga, pelanggan, maupun calon pembeli.
Tips Memilih domain yang bagus

Identik, Nama Domain harus mewakili perusahaan, produk ataupun tema website Anda. Sebaiknya gunakan nama perusahaan atau produk sebagai nama domain, apabila untuk website pribadi, gunakan nama Anda sebagai nama domain.

Gunakan .com, pilihan extensi utama ketika anda memilih domain adalah .com karena lebih populer ketimbang extensi lainnya. Selajutnya apabila sudah terpakai, pilih .net, .org, .info, .biz dan lainnya. Kalo perlu, beli semua extensi yang ada dan forward ke satu website utama, hal ini untuk menjaga penyalahgunaan nama domain oleh orang lain. karena bisa saja orang menjatuhkan nama baik Anda atau website Anda dengan membuat website dengan nama sama dengan extensi yang berbeda.

Gampang diingat
, pilih domain yang gampang di ingat, unik, dan mudah di ucapkan. Banyak website sukses dengan nama unik maupun kata-kata yang sering kita ucapkan sehari-hari, misalnya astaga.com, detik.com dll.

Jangan Terlalu Panjang, sama seperti nama pada umumnya, kalo namanya terlalu panjang, biasanya susah untuk di ingat, gunakan tanda “-” untuk pemisah untuk domain dengan dua suku kata atau lebih, atau karena sudah diambil orang, misalnya namadomain.com sudah diambil orang, coba alternative lain seperti nama-domain.com atau menggunakan extensi lain misalnya namadomain.net atau nama-domain.net

Sebelum membeli domain, sebaiknya pikirkan secara mendalam nama yang akan anda gunakan, Anda bisa mengecek apakah domain sudah dipake orang atau belum disini atau dengan langsung mengetikkan pada browser anda seperti ini http://whois.domaintools.com/namadomain.com . disitu anda juga bisa melihat siapa pemilik/ registrant domain yang Anda cari apabila sudah diambil orang lain.