Cara Mengganti Copyright Text di Footer Website

Mungkin anda sudah mengenal Thesis Theme For WordPress  dan yang termasuk Best Premium WordPress Blog Themes itu ( SEO Killer ) , jika belum silahkan  download dan mencobanya dahulu pada blog-situs web/localhost local drive anda ( sudah lupa dapat download gratis dari mana,sepertinya versi  Thesis Theme v1.8 Stable-Developer ). Kali ini saya tidak membahas bagaimana cara instalasi sampai me-modifikasi ataupun meng-customize Thesis Theme, tapi hanya sekedar mencoba memberikan tips trik cara cepat mengubah-mengganti teks copyright di footer Thesis Theme Blog WordPress (just change the footer text only).

Secara umum ( contohnya pada tema standard wordpress ) cara mengubah-mengganti text di footer tema wordpress cukup masuk Dashboard Admin >> Appearance >> Editor >> Footer (footer.php) anda langsung cari kata-kata “Copyright” terus langsung ganti dengan teks lain yang sudah disiapkan sebelumnya melalui Notepad Windows atau Notepad++ , save dan update, jadi deh! Lain halnya jika anda pengguna Thesis Theme, berikut salah satu cara mengganti text footer-nya selain kita bisa menggunakan Plugin Thesis Open Hook :
  1. Yang pertama, jika anda ingin mencobanya dulu lewat wordpress  offline ( Tutorial Instalasi WordPress Offline dengan menginstall XAMPP ) localhost/localdrive Win Xp (Windows XP). Klik kanan My Computer/Start Menu Program >> Explore >> Local disk/Drive C: >> klik tanda plus xampp >> sorot htdocs >> cari wp-content >> theme >> thesis_18 >> lib >> html >> pilih footer.php.
  1. Selanjutnya kalau anda mencobanya pada blog/situs web secara online, silahkan masuk cpanel hosting anda dahulu atau jika ingin cepat bisa menggunakan software FTP semacam  Core FTP serta Filezilla ( lihat cara Setting Filezilla ). Dengan cara yang hampir sama (struktur direktori di cpanel mirip dengan Windows Explorer) , klik public_html >> wp-content (ini jika engine wordpress anda terletak pada root directory) >> theme >> thesis_18 >> lib >> html >> pilih footer.php ,kemudian drag and drop ke local drive (folder  baru yang sudah anda siapkan) di kolom sebelah kiri.
  1. Setelah dengan 2 (dua) pilihan mode/langkah di atas anda menemukan file footer.php, edit menggunakan Notepad++ ( klik kanan file, Edit with Notepad++/Open With), kode skrip-nya sebagai berikut :
<?php
/**
 * Call footer elements.
 */
function thesis_footer_area() {
                thesis_hook_before_footer();
                thesis_footer();
                thesis_hook_after_footer();
}
/**
 * Display primary footer content.
 */
function thesis_footer() {
                echo “\t<div id=\”footer\”>\n”;
                thesis_hook_footer();
                thesis_admin_link();
                wp_footer();
                echo “\t</div>\n”;
}
/**
 * Display default Thesis attribution.
 */
function thesis_attribution() {
                echo “\t\t<p>” . sprintf(__(‘Kumpulan Artikel by Copyright &copy; 2001-2011 <a href=”http://dotcomcell.com/”>Dotcomcell</a> | <a href=”%s”>Thesis Theme for WordPress</a> from DIYthemes.’, ‘thesis’), ‘http://diythemes.com/thesis‘) . “</p>\n”;
}
 
Ganti text/teks yang berwarna orange dengan data yang sudah anda siapkan. Setelah selesai edit file footer.php , anda melakukan overwrite file footer.php di masing-masing mode online maupun offline. Akhiri dengan Reload Browser untuk melihat hasil dari tampilan footer  wordpress anda.

Mungkin penjelasan saya agak ribet dan sedikit, karena memang saya peruntukkan juga bagi mereka yang masih newbie di CMS WordPress. Tapi bagi mereka yang tiap hari update postingan dan  sudah senior, secepat kilat deh!…..
Semoga Berguna.

Comments

Popular posts from this blog

Boot Dos 98 Dengan Flashdisk (Simple Methode)

BABAD TANAH JAWI SYEKH AL MAULAYA / SYEKH MULYO ( SYEKH AKBAR)

Bagaimana Cara Mengetahui Informasi System Keseluruhan di Windows 7?