Skip to main content

Cara Membuat Radio Streaming Online Di Blogger

Ingin membuat stasiun radio amatir sendiri tanpa perlu mengeluarkan banyak modal?
Dengan berkembang pesatnya teknologi internet, kini membangun stasiun radio dapat dilakukan secara online streaming atau dikenal juga dengan istilah radio internet broadcast, dan untuk membuatnya pun dapat dilakukan sendiri secara mudah dengan memanfaatkan koneksi internet, sehingga tidak perlu membangun infrastruktur yang mahal. Apabila anda suka dengan dunia broadcast atau ingin belajar menjadi penyiar radio, hal tersebut dapat diwujudkan dengan membaca tutorial berikut.

Infrastruktur yang dibutuhkan:
- Koneksi internet
- Komputer (untuk server)
Hardware yang dibutuhkan:
- Komputer (untuk broadcast)
- Mikrofon
Software yang dibutuhkan:
- SHOUTcast DNAS (server) dan DSP Plug-In (for Winamp)
- Winamp Media Player
Langkah-langkah:
- Lakukan instalasi dan jalankan aplikasi SHOUTcast DNAS pada komputer yang akan dijadikan sebagai Server.
- Instal Winamp dan SHOUTcast DSP Plug-In pada komputer yang akan dijadikan sebagai studio broadcast atau tempat siaran ke Shoutcast Server.
- Jalankan Winamp, kemudian klik kanan dan pilih “Options” -> “Preferences”.
- Klik DSP/Effect pada opsi Plug-ins dan pilih Nullsoft SHOUTcast Source DSP, kemudian akan tampil jendela SHOUTcast Source dengan menu “Main”, “Output”, “Encoder”, “Input”.
winamp plugin
- Kemudian pilih “Output” dan klik “Connect” untuk terhubung dengan Shoutcast Server.
Cek “Address” apakah sudah sesuai dengan konfigurasi server, pilih “localhost” apabila melakukan instalasi server pada komputer yang juga digunakan untuk broadcast.
Password default adalah “Changeme” (tanpa tanda petik), password dapat diganti dengan melakukan edit file “sc_serv.ini” atau “sc_serv.conf” yang terletak pada direktori Shoutcast Server (C:Program FilesSHOUTcast).
shoutcase source
- Hubungkan Mikrofon pada mic port soundcard PC, lalu kembali ke Winamp, pada SHOUTcast source, pilih “Input”, kemudian ubah “Input device” dari “Winamp (recommended)” menjadi “Soundcard Input”.
Buatlah playlist lagu yang akan dimainkan pada Winamp, lalu sapa pendengar radio online seolah-olah anda sudah menjadi penyiar professional sebelum menyajikan lagu-lagu yang sudah disiapkan untuk disetel. Klik tanda ‘Play’ dan lagu yang disetel akan ter-broadcast melalui internet.
shoutcase input
- Cek dengan menjalankan Winamp dari komputer lain, lalu klik kanan dan pilih “Play” -> “URL” kemudian masukkan alamat URL server yang digunakan contoh: http://url_server:8000
(ganti “url_server” dengan nama domain atau IP address dimana Shoutcast Server dijalankan).
winamp play from url
Kini anda sudah memiliki siaran radio online streaming pribadi, dan dapat anda masukkan pada website/blog anda agar pengunjung semakin betah tinggal di website/blog sambil membaca-baca artikel. Jika perlu dapat dikembangkan dengan membuat toolbar untuk browser agar dapat dipasang pada browser pengguna, sehingga radio anda dapat dikenal secara luas.
Jika pendengar radio online semakin bertambah sebaiknya sewa hosting saja untuk dijadikan sebagai Server, karena memiliki kapasitas bandwidth yang lebih baik agar dapat menampung banyak pendengar dari dunia maya.
Sebenarnya dapat menggunakan software selain SHOUTcast untuk membuat radio online streaming, seperti misalnya Unreal Media Server, SAM2 Broadcaster, Pirate Radio, Peercast, Icecast, Andromeda, dsb. Prinsip kerja dari software-software tersebut hampir sama saja, karena yang membedakan biasanya hanya pada tampilan dan menu.
Bukan hanya sebagai penyiar atau radio online, tetapi anda juga dapat mengasah kemampuan menjadi DJ dengan menambahkan software SHOUTcast Transcoder.
Sekarang anda dapat mengekspresikan bakat dan talenta anda dalam dunia broadcast.

Semoga bermanfaat,, ;)

Comments

Popular posts from this blog

Cerita dewasa malam pertama pengantin baru

Cerita dewasa pengalaman pertama berhubungan seks. Malam pertama sepasang pengantin baru memadu kasih. Berbekal pengetahuan seks  yang didapat dari internet,  dikeheningan malam Si Joni mulai menjalankan misinya, misi sebagai seorang suami untuk pertama kalinya. Dengan penuh syahdu, si Joni tampak menikmati momen demi momen malam pertama yang dilaluinya. Seperti apa kisahnya, simak cerita dewasa berikut ini…

Adikku Sayang Adikku Manja

Segar sehabis mandi, Evi keluar dari kamarnya dan gteras di depan kamarnya di lantai 2, ia melihat adiknya, Nita, memasuki rumah dengan wajah merah kepanasan, namun tampak ceria. Nita baru pulang dari sekolah, kemeja putih dan rok birunya tampak lusuh. Tak melihat siapa pun di rumah, Nita langsung naik dan masuk ke kamarnya lalu menyalakan AC. Ia mencuci muka dan tangannya di kamar mandi dalam kamarnya saat mendengar kakaknya bertanya, “Hey, gimana pengumumannya?”
Nita keluar dari kamar mandi mendapatkan Evi bersandar di pintu kamarnya dengan tangan ke belakang.
“Nita diterima di SMA Theresia, Kak!” jawab Nita dengan ceria.
Evi berjalan ke arahnya dan memberikan sebuah kado terbungkus rapi.
“Nih, buat kamu. Kakak yakin kamu diterima, jadi udah nyiapin ini.”
“Duuh, thank you, Kak!” Nita setengah menjerit menyambar kado itu.

Air Mani Tidak Cepat Keluar

Alangkah nikmatnya bila setiap kali bersenggama, air mani tidak cepat keluar. Masalah air mani cepat keluar ternyata dialami oleh banyak pria. Biasanya mereka menjadi agak rendah diri setiap kali berhubungan seks dengan istri tercinta karena air mani yang cepat keluar membuat penis loyo dan butuh waktu lagi untuk membangunkan penis. Meningkatkan gairah seks suami sudah dilakukan, namun itu belum cukup. Padahal mungkin saja sang istri sedang birahi dan bersemangat untuk bercinta, namun bila sang suami sudah loyo duluan yang terjadi adalah rasa kecewa dan ketidakpuasan dipihak istri.

Ngentot Anak Perawan SMP

Cerita Panas Ngentot Anak Perawan SMP.
Tiba- tiba Kring.. Kring.. HP-ku berbunyi. Siang itu aku berada di kantor sedang membaca surat-surat dan dokumen yang barusan dibawa sekretarisku LIA, untuk aku tanda tangani. Kulihat di layar handphone ku tampak sebuah nomor telepon yang sudah kukenal.
“Hello.. Dita.. Apa kabar” sapaku.