Meningkatkan Alexa Rank sebenarnya terbilang susah-susah gampang. Kebanyakan para blogger yang baru membuat sebuah blog entah itu sekedar blog dummy atau blog utama (para newbie seperti saya), umumnya mereka sering berfikir bagaimana caranya agar kita bisa menaikkan alexa rank kita atau istilah kerennya “bagaimana cara melangsingkan mbak alexa agar lebih seksi?”.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melangsingkan alexa kita, dan saya sendiri sudah membuktikan sendiri pada blog ini.  Sebenarnya kunci utama dari perubahan alexa rank sebuah blog/website adalah tergantung dari trafficnya, jika blog kita memiilki traffic yang cukup tinggi, tanpa diutak-atik pun alexa rank bakalan naik sendiri. Postingan ini juga sekaligus meralat postingan saya sebelumnya bahwa salah satu cara menaikkan alexa rank adalah dengan mencari backlink.

Backlink dari blog lain (yang PR nya lebih tinggi) tidak akan berpengaruh terhadap alexa rank, karen backlink hanya akan berpengaruh terhadap Google Page Rank atau PR blog kita, kecuali backlink trsebut bisa menyumbang traffik ke blog kita. mengenai cara meningkatkan traffic  dalam waktu singkat sudah sempat saya bahas di posting saya sebelumnya jadi silahkan dibaca lagi.

Nah masalahnya meningkatakn traffic juga bukan urusan gampang, lalu bagaimana jika kita tidak bisa menaikkan traffic tetapi masih ingin alexa rank meningkat?? (ini namanya ngeyel..) Oke, yang sudah pernah saya lakukan adalah:

1. Menginstal alexa toolbar di browser kita (saya menggunakan mozilla firefox) kemudian mensetting hompage dari browser adalah blog kita. caranya setelah masuk mozilla silahkan klik Tools >> Options >> General dan isikan alamat URL blog kita ke hompage browser kita. Tapi jangan harap gara gara ini alexa rank anda akan cepat naik

2. Memasang widget alexa di blog kita agar lebih mudah memantaunya.

3.  Bertukar komentar alexa antar blogger. Nah cara ini yang saya yakin jarang dilakukan oleh para bloger kebanyakan, umumnya mereka hanya mengomentari postingan dari sebuah blog dan tidak pernah kepikiran masalah mengomentari alexanya. Anda tau? hanya dengan 2 komentar saja (dengan rating 5 star) bisa menaikkan alexa rank blog kita

4.  Cara yang lagi ngetrend saat ini adalah dengan menggunakan entrecard, tetapi cara ini memerlukan kerja yang cukup berat dan menghabiskan bandwith yang cukup banyak. saya pernah membuktikan sendiri dengan menggunakan entrecard blog saya (yang lain) alexa rank nya naik dari 9 juta menjadi 2 juta hanya dalam waktu 2 hari. Tetapi cara ini tidak saya pakai lagi karena tidak cocok dengan kondisi saya yang menggunakan layanan internet berdasarkan sistem kuota, jadi dengan entrecard kuota dijamin cepat habis.  Apabila Ada yang mau mencoba silahkan.

5.  Cara pamungkas. Apa itu? beli traffic. iya sekali lagi yang dibutuhkan oleh mbak alexa adalah popularitas alias traffic ke blog kita, jika kita tidak bisa mendatangkan traffic secara natural ya terpaksa mengeluarkan sedikit modal untuk membeli traffic.Dimana kita bisa membeli traffic? banayk banget yang jual jasa mendatangkan traffic diluar, atau coba saja cari di forum adsense-id.

Cara-cara diatas adalah cara alternatif, dan tetap disarankan agar anda tetap melakukan posting rutin seperti biasanya walaupun cara-cara diatas sangat berpengaruh terhadap alexa rank kita.


Sedikit Tambahan :
Hanya dengan posting rutin di blog kita minimal 2 postingan/hari, dalam waktu 2 bulan alexa rank blog kita bisa mencapai angka dibawah 1 juta (dari pengalaman pribadi).
Note: Setahu saya alexa rank hanya penting untuk blog yang di monetize dengan PTR, jadi jika blog kita adalah blog indonesia tidak perlu terlalu pusing memikirkan alexa rank. Sedangkan pesan saya untuk blogger pemula sebaiknya lebih fokus bagaimana cara mendatangkan traffic ke blog kita, itu yang utama. Percuma alexa rank 100rb tapi traffic asli nya cuma dibawah 1000