Skip to main content

Review Ubuntu 11.04 Natty Narwhal


Screenshot Ubuntu 11.04 Natty Narwhal
Versi  Final Ubuntu 11.04 dengan code name Natty Narwhal telah dirilis dan sudah dapat didownload, sama seperti edisi pendahulunya Ubuntu 11.04 akan hadir untuk 32bit, 64bit dan server.
Untuk mendownloadnya kunjungi  link Download Ubuntu 11.04

Kesan awal Ubuntu 11.04

Dengan fitur desktop shell Unity, global menu untuk semua applikasi, tampilan scrollbar baru, dan fungsi search (dash); Ubuntu 11.04 merupakan versi yang cukup menjanjikan dari segi ide, meskipun implementasinya bisa membingungkan bahkan bagi pengguna Ubuntu yang hardcore.

Installasi

Seperti biasa untuk proses install Ubuntu sangat mudah dan cepat, baik bila anda melakukan installasi baru ataupun ugupgrade dari versi Ubuntu 10.10 di komputer anda.

Cara install Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

Tampilan Ubuntu di infoteknologi.com

Fitur Ubuntu 11.04

Berikut beberapa fitur baru dan juga peningkatan yang ada di Ubuntu 11.04

Launcher

Tampilan fitur launcher di Ubuntu Natty Narwhal
Anda bisa membuat shotcut di sini untuk memudahkan akses; berpindah antar applikasi; klik kanan pada icon disini akan menampilkan aksi ‘quick list’ untuk applikasi tertentu ; dan applikasi seperti Empathy atau Evolution akan menampilkan pesan yang belum dibaca, proses transefer dan beberapa fungsi lainnya.
Launcher akan otomatis tertutup (auto hide) ketika bagian dari layar applikasi menyentuh bagian dari launcher ataupun bila ada applikasi yang memakai layar secara penuh (maximized); Sehingga tidak akan menggangu kerja anda saat memakai applikasi. Jika ada pemberitahun atau notifikasi dari program yang ada di Launcher maka bar ini akan muncul otomatis dan bergoyang. Untuk mengakases launcher saat sedang dalam posisi hide anda cukup menggerakkan mouse anda ke pojok kiri atas desktop Ubuntu.

Drag and drop

Fitur baru di  Natty Narwhal yang cukup menarik perhatian adalah kemampuan pengenalan tipe file saat kita melakukan drag-and-drop. Dengan melakukan drag file ke launcher maka applikasi yang mendukung file tersebut akan bersinar terang sementara applikasi lain yang tidak mendukung tipe file tersebut akan meredup.

Lenses

Lenses berguna untuk mencari file dan menjalankan applikasi yang tidak tersedia secara default di launcher. Tampilannya ringkas dan ditenagai dengan engine Zitgeist (engine pencarian & tracking) untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan.
Dua tipe lenses telah disertakan di launcher secara defaul yaitu File Lens dan Applications Lens.
Sceenshot Ubuntu 11.04 dengan fitur lenses

Desktop Panel

Ubuntu 11.04 hanya menggunakan satu panel desktop dengan Menu global untuk menampilkan applikasi. Mirip seperti fitur pada OS X. Pengguna perlu membiasakan diri untuk memakai fitur ini.
Saat anda membuka applikasi, menu  dari applikasi  secara default akan tersembunyi, dan baru akan muncul bila kita menggerakkan mouse kita ke panel menu applikasi tersebut. Akan membingungkan baik bagi pengguna pemula ataupun yang sudah akan terbiasa dengan Ubuntu.
Tombol Maximized di layar applikasi akan ditampilkan di panel untuk menyederhanakan tampilan.

Fitur Dash (Universal Search)

Mengklik logo Ubuntu di pojok kiri atas layar (atau dgn menekan tombol Windows) akan menampilkan Dash. Fungsinya mirip Universal search di Windows 7, saat anda mengetik di dash maka secara otomatis akan menampilkan list nama file dan applikasi yang ada didalam komputer anda.
fitur dash ubuntu mirip seperti fitur windows 7 search
Peningkatan Fitur Sound (Audio)
Menu sound atau audio di Ubuntu 11.04 telah ditingkatkan secara signifikan. Didalamnya sudah termasuk support untuk pemutar musik, pemilihan lagu melalui playlist dan kontrol volume suara untuk microphone juga ditambah saat anda melakukan panggilan telepon melalui Skype ataupun layanan VoIP sejenis.

Tampilan

Tampilan keseluruhan dari Ubuntu Natty Narwhal lebih menampilkan kesan elegan, serius dan juga professional. Untuk boot screen versi ini tidak mengalami perubahan, wallpaper standar sangat mirip dengan versi 10.10 dan untuk icon terjadi perubahan minor.
Tampilan taskbar ubuntu 11.04
Adanya fitur Unity sedikit banyak mengubah sistem kustomisasi tema di Ubuntu; beberapa tema akan tampil sesuai (pas) namun beberapa diantaranya tidak.
Tampilan File explorer di Ubuntu dengan global menu

Applikasi

Beberapa applikasi default di Ubuntu 11.04 telah diupdate dan diupgrade ke versi terbaru, diantaranya adalah:
  • Firefox 4
  • Banshee media player
  • LibreOffice
  • Shotwell photo manager – greater file support
  • Empathy – now with user blocking
  • Ubuntu Software Centre – now with ratings and reviews

Stabilitas

Stabilitas versi beta ini cukup baik, jarang terjadi masalah yang serius saat memakainya. Meskipun terkadang Compiz akan crash dan membuat Ubuntu anda diam seribu kata.Untuk mengatasinya anda cukup membuat shortcut launcher Compiz di desktop.
Diterjemahkan secara bebas oleh infoteknologi.com dari OMGUbuntu

Comments

Popular posts from this blog

Cerita dewasa malam pertama pengantin baru

Cerita dewasa pengalaman pertama berhubungan seks. Malam pertama sepasang pengantin baru memadu kasih. Berbekal pengetahuan seks  yang didapat dari internet,  dikeheningan malam Si Joni mulai menjalankan misinya, misi sebagai seorang suami untuk pertama kalinya. Dengan penuh syahdu, si Joni tampak menikmati momen demi momen malam pertama yang dilaluinya. Seperti apa kisahnya, simak cerita dewasa berikut ini…

Adikku Sayang Adikku Manja

Segar sehabis mandi, Evi keluar dari kamarnya dan gteras di depan kamarnya di lantai 2, ia melihat adiknya, Nita, memasuki rumah dengan wajah merah kepanasan, namun tampak ceria. Nita baru pulang dari sekolah, kemeja putih dan rok birunya tampak lusuh. Tak melihat siapa pun di rumah, Nita langsung naik dan masuk ke kamarnya lalu menyalakan AC. Ia mencuci muka dan tangannya di kamar mandi dalam kamarnya saat mendengar kakaknya bertanya, “Hey, gimana pengumumannya?”
Nita keluar dari kamar mandi mendapatkan Evi bersandar di pintu kamarnya dengan tangan ke belakang.
“Nita diterima di SMA Theresia, Kak!” jawab Nita dengan ceria.
Evi berjalan ke arahnya dan memberikan sebuah kado terbungkus rapi.
“Nih, buat kamu. Kakak yakin kamu diterima, jadi udah nyiapin ini.”
“Duuh, thank you, Kak!” Nita setengah menjerit menyambar kado itu.

Ngentot Anak Perawan SMP

Cerita Panas Ngentot Anak Perawan SMP.
Tiba- tiba Kring.. Kring.. HP-ku berbunyi. Siang itu aku berada di kantor sedang membaca surat-surat dan dokumen yang barusan dibawa sekretarisku LIA, untuk aku tanda tangani. Kulihat di layar handphone ku tampak sebuah nomor telepon yang sudah kukenal.
“Hello.. Dita.. Apa kabar” sapaku.

Air Mani Tidak Cepat Keluar

Alangkah nikmatnya bila setiap kali bersenggama, air mani tidak cepat keluar. Masalah air mani cepat keluar ternyata dialami oleh banyak pria. Biasanya mereka menjadi agak rendah diri setiap kali berhubungan seks dengan istri tercinta karena air mani yang cepat keluar membuat penis loyo dan butuh waktu lagi untuk membangunkan penis. Meningkatkan gairah seks suami sudah dilakukan, namun itu belum cukup. Padahal mungkin saja sang istri sedang birahi dan bersemangat untuk bercinta, namun bila sang suami sudah loyo duluan yang terjadi adalah rasa kecewa dan ketidakpuasan dipihak istri.