Menjawab Setiap Komentar
Lama sudah saya tidak posting, karena kesibukan di real life jadi tidak ksempat untuk membuka blog bahan membalas komentar di blog. Saya akan membuka kembali halaman belakang dan membalas setiap komentar pengunjung yang datang. Pada kesempatan yang berharga bagi saya ini, saya akan memposting sedikit uraian mengenai pentingnya menjawab setiap komentar di blog.

Jika di dalam suatu posting, anda pasti mengharapkan ada komentar-komentar yang masuk di dalam postingan tersebut. Sama halnya dengan anda presentasi di hadapan orang banyak dan berharap presentasi anda diperhatikan dan dipahami dengan baik. Namun sebuah presentasi tidak akan ada artinya jika Anda mengabaikan setiap komentar dari audiens Anda. Begitu pula komentar di posting blog Anda, Anda harus menjawab komentar-komentar tersebut.

Memang sebagian ada yang tidak penting karena isi komentarnya tidak bermutu atau kurang relevan dengan isi postingan yang sedang dibahas. Komentar yang kurang bermutu yang hanya berkomentar untuk asal nyapa dan berharap kunjungan balik merupakan jenis komentar yang paling sering kita temui (baca: pentingnya berkomentar). Akan tetapi, apapun bentuk komentarnya kita sebagai pemilik blog harus bijak untuk membalasnya.

Kebanyakan blogger beralasan tidak mempunyai waktu untuk menjawab setiap komentar di blognya. Jika terus begini, maka akan selamanya anda tidak akan mempunyai waktu untuk membalas setiap komentar di blog. Luangkan sedikit waktu untuk datang dan menjawab setiap komentar di blog anda. Dengan menjawab setiap komentar, anda akan mendapat banyak keuntungan sebagai berikut:

1. Menambah Jumlah Komentar

Saat kita menjawab setiap komentar di postingan blog, maka secara otomatis jumlah komentar yang ada dalam postingan tersebut akan bertambah. Lalu apa manfaatnya? Yup, jika semakin banyak komentar yang ada dalam sebuah postingan, maka hal ini akan sedikit banyak mendorong pengunjung lainnya untuk ikut berkomentar dalam postingan tersebut.

2. Menambah Kualitas Artikel

Dengan membuat balasan komentar dan melakukan beberapa perbincangan kecil dengan pengunjung blog Anda akan menambah kualitas konten Anda secara keseluruhan. Beberapa poin-poin kecil yang terlewat biasanya akan lebih mudah terungkap dalam perbincangan ini. Dengan begitu, pengunjung yang baru datang ke blog Anda akan merasa beruntung karena mendapatkan informasi yang berkualitas dan lengkap.

3. Menambah Kredibilitas Kita di Mata Pengunjung 

Membuat balasan komentar, bisa menambah kepercayaan Anda di mata orang lain. Pengunjung blog Anda akan berasumsi bahwa Anda benar-benar ahli dibidang yang anda tuliskan tersebut. Misalnya blog kita bertemakan kumpulan resep masakan Kalimantan. Ada banyak artikel yang kita buat tentang menu masakan Kalimantan. Setiap ada komentar berupa pertanyaan dan hal lain dari pembaca yang merasa kurang jelas dengan artikel menu masakan Kalimantan kita, selalu kita balas dengan baik. Maka, hal itu akan menciptakan sebuah branding dan perspektif di mata pengunjung jika kita memang ahli di bidang masakan Kalimantan dan layak untuk diandalkan jika ada permasalahan yang patut untuk ditanyakan. Anda. Maka, Hal itu akan membangun brand dan kredibilitas Anda di mata orang lain akan semakin kuat.

4. Meningkatkan SEO

Setiap komentar yang berkaitan yang masuk di dalam postingan tersebut maka secara otomatis keyword-keyword yang dibidik di postingan tersebut akan tertulis ulang. Maka dalam hal ini, keyword dalam postingan akan sangat mempengaruhi kualitas seo postingan tersebut. Semakin banyak keyword yang tertulis ulang dalam komentar-komentar tersebut maka akan semakin besar peluang artikel anda untuk meraih posisi teratas search engine dan pengunjung pun akan berdatangan dengan mengetikkan keyword di kotak pencarian.

Mungkin hanya itu saja kiranya yang dapat saya jelaskan mengenai pentingnya menjawab setiap komentar. Semoga anda yang membaca artikel ini dapat segera menjawab setiap komentar di blognya masing-masing.