Cari Blog Ini

Jumat, 15 Juli 2011

pengetahuan tentang perempuan


 
Kanker adalah termasuk jenis penyakit yang sering terjadi. Dilihat dari penyebab timbulnya kematian, kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak menyebabkan kematian pada kaum perempuan. Kebanyakan pasien yang datang berobat justru setelah penyakitnya stadium lanjut, padahal keberadaan kanker ini bisa dideteksi secara dini.

Keterlambatan deteksi dini ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya pengetahuan perempuan tentang deteksi dini kanker payudara, sedangkan untuk meningkatkan pengetahuan ada beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya umur, pendidikan, dan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengetahuan Wanita Usia Subur (WUS) tentang SADARI dalam Deteksi Dini Kanker Payudara di RT 02 RW 01 Kelurahan Sidorejo Kabupaten Tuban.

Desain penelitian yang digunakan ini adalah deskriptif. Populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 60 jiwa Wanita Usia Subur (WUS) di RT 02 RW 01 Kelurahan Sidorejo Kabupaten Tuban. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan data dikumpulkan melalui kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60 responden yang diteliti ternyata sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik sebanyak 36 orang (60 %). Terdapat 41,67% responden yang berumur 15-25 tahun ; 70% responden berpendidikan Menengah ; 61,67% responden Tidak Bekerja. Terdapat 60% responden berumur 15-25 tahun berpengetahuan baik ; 64,28% responden berpendidikan Menengah (SMA) berpengetahuan baik ; 51,35% responden Tidak Bekerja berpengetahuan baik.

Hal tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar Wanita Usia Subur (WUS) di RT 02 RW 01 Kelurahan Sidorejo Kabupaten Tuban sebagian besar berpengetahuan baik dan sudah mengetahui tentang hal-hal yang berhubungan dengan kanker payudara, yang meliputi: tanda dan gejala, etiologi, penyebaran, faktor resiko, klasifikasi kanker payudara, deteksi dini, serta penanganan dan pengobatan kanker payudara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar