Penurunan Harga Emas Menarik Importir Thailand Bullion International Co., importir emas domestik terbesar di Thailand, diperkirakan akan menambah pembelian emas lebih dari dua kali lipat tahun ini setelah penurunan pada harga emas memicu tingkat permintaan emas fisik. Perusahaan tersebut mungkin akan mengimpor sebanyak 20 metrik ton pada tahun 2013, dari 92 ton tahun lalu, CEO Pawan Nawawattanasub kemarin. Pengiriman pada semester pertama naik menjadi 112 ton, mencakup sekitar 60% dari total keseluruhan di Thailand, ucapnya. Satu ton dinilai sebesar 42.6 juta dollar.
            Harga emas telah turun sebanyak 21% tahun ini, menuju penurunan tahunan pertama sejak tahun 2000, seiring sejumlah investor kehilangan kepercayaan pada emas sebagai safe haven. Dengan harga emas saat ini berada 32% di bawah rekor tinggi yang dicapai pada September 2011 lalu, hal ini mendorong tingkat permintaan untuk emas batangan dan koin, yang tingkat penjualan globalnya naik 78% ke rekor tinggi pada kuartal kedua, menurut World Gold Council di London.
            “Harga yang lebih murah menarik konsumen untuk membeli emas batangan karena mereka menilai emas lebih layak untuk dibeli daripada sesuatu seperti tas Hermes,” ucap Pawan, supplier dan investor di Thailand. “Tingkat permintaan di Thailand dapat terus bertumbuh, sebagian karena mengoleksi emas masih merupakan kebudayaan kami.”

sumber : monex