Cari Blog Ini

Minggu, 21 Agustus 2011

Cara Membuat Widget Music Player Di Blogger

Apakah anda pernah menemukan music player di sebuah blog? pasti sering yah, apa itu buatan music-live ataupun buatan esnips. Kalo menurut saya bagus juga semua music player itu tapi ada suatu kelemahan dibalik music player tersebut yaitu buffering yang sangat lama. Kalau untuk music-live mungkin bagus buffering gak lama kok. Masalahnya, kalau tidak ada lagu yang kita inginkan di database music-live, ya terpaksa pasrah aja pake yang ada aja. Dan untuk esnips, yang jadi masalah yaitu buffering sangat lama (itu kalo pengalaman saya lho). Makanya nih saya mau kenalin music player khusus untuk blog, yang tidak memakan waktu lama buffering dan lagu yang kita inginkanpun bisa kita mainkan di music player tersebut. Saya pertama kali dapat ini dari guru saya, jadi saya mau bagi-bagi kepada rekan-rekan sekalian, kali aja ada yang belum tahu. Setahu saya music player tersebut dimanakan podcast, yah podcast inilah music player yang saya maksud. Menurut saya podcast ini sangat mumpuni untuk memainkan lagu dan saya anjurkan juga bagi Anda yang punya blog mp3 untuk sebagai preview lagu, gimana asyik kan? Ok deh tanpa babibu lagi, nih saya kasih kode html podcast-nya biar bisa langsung dimainkan.

Oh ya yang harus diingat, karena podcast ini memanfaatkan flash player, jadi pastikan browser Anda sudah ter-instal flash player. Kalau belum ada, silahkan download dulu disini. Selain bisa disimpan di sidebar sebagai widget, podcast ini juga bisa kalian sisipkan di posting blog. Berikut kode html podcast:
<embed
pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer"
quality="high" src="http://musikfs.com/player.swf?soundFile=http://namaurl.com/namafile.mp3
&amp;bg=0x660000&amp;leftbg=0x340000&amp;lefticon=0xf9ffce&amp;rightbg=0x340000&amp;
rightbghover=0x340000&amp;righticon=0xffcc66&amp;righticonhover=0xffcc66&amp;
text=0xffcc66&amp;slider=0xf9ffce&amp;track=0xffcc66&amp;border=0x340000&amp;
loader=0x660000&amp;autostart=yes&amp;loop=no" wmode="transparent"
type="application/x-shockwave-flash" height="24" width="290">
</embed>


1. Anda lihat kode http://namaurl.com/namafile.mp3 kode itu Anda ganti dengan link lagu mp3 yang kalian mau atau sebagai link tempat file mp3. Biasanya banyak di 4shared atau banyak ada dimana-mana kok.
2. Anda lihat kode bg=0x660000 leftbg=0x340000 dan seterusnya... 340000 kode itu merupakan warna music player, Anda ganti sesuai dengan yang Anda inginkan
3. Anda lihat kode autostart=yes nah, Anda ganti kata yes jadi no. Itu dimaksudkan, apabila blog kita terbuka maka music akan langsung dimainkan ketik yes, tapi kalau harus di play ama pengunjung ketik no
4. Anda lihat kode height="24" width="290" itu adalah ukuran podcast tersebut, silahkan atur-atur sesuai keinginan.
Atau kalau kode html itu tidak cocok dengan blog Anda, gagal terus gak nongol-nongol music player-nya, download aja kode html podcast-nya disini. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar